Marketing Internet

Professional Konsultan Internet Marketing

You are here: Blog 3 tujuan utama dari social media/social business objective

3 tujuan utama dari social media/social business objective

E-mail Print PDF
%

1. Insight
Tahapan paling pertama dan yang terpenting di social media adalah listening. Setiap harinya mungkin jutaan tweet dan status update berkeliaran di social media. Fenomena tersebut sering juga disebut sebagai the era of big data. Kita sebagai pemilik brand sudah seharusnya tidak lagi reaktif melainkan proaktif untuk memanfaatkan hal tersebut menjadi sebuah kesempatan emas. Manfaat yang pertama yang bisa kita dapatkan dari proses listening adalah mendapatkan insight dari konsumen. Coba anda cari keyword yang berhubungan dengan brand atau industri anda. Nanti anda akan dapatkan begitu banyak opini, motivasi, sikap dari konsumen terhadap brand anda. Tentu ini hal yang sangat berguna untuk menyamakan persepsi antara brand dan konsumen kita, dan memperoleh insight tidak semudah yang dikira karena anda akan berhadapan dengan jutaan data yang anda harus secara cerdas memanfaatkanya. Anda bisa menyimak konsep Social Intelligence di beberapa posting saya tentang Social Enterprise disitu anda akan menemukan bagaimana proses memperoleh insight agar kita bisa dianggap intelek secara social di social media.

2. Reputation
Manfaat yang kedua adalah menjaga reputasi kita agar tetap baik di social media. Beberapa social monitoring tool sudah dilengkapi dengan fitur intelligence dimana kita akan dikirimkan email bila ditemukan bahwa pada rentang waktu tertentu volume tentang tweet yang kita monitor memiliki kenaikan angka secara signifikan dan bersentimen negatif. Ini kerat kaitanya dengan persiapan crisis management di social media. Tweet negatif tentang kita di social media bisa menyebar dengan begitu cepat lebih dari yang bisa anda bayangkan, untuk itu baiknya tweet negatif bisa kita deteksi terlebih dahulu secara proaktif untuk dapat kita cegah kekuatan penyebaranya.

3. Innovation
Di era bisnis yang sangat kompetitif saat ini, sebuah perusahaan atau brand dituntut harus selalu menciptakan inovasi agar tetap relevan dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat cepat sekali berubah. Mereka yang tidak berinovasi akan dikalahkan oleh pesaingnya yang lebih siap membuat produknya yang lebih canggih, efisien, namun terjangkau secara harga. Social media bila dimanfaatkan dengan benar dapat memfasilitasi fungsi untuk mendukung terciptanya sebuah inovasi. Dengan keterlibatan konsumen sebagai pengguna langsung produk yang kita jual, kita dapat bekerjasama dengan mereka, berkolaborasi untuk menciptakan produk yang lebih baik.

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

Apa Kata Mereka

Saya merasakan experience yang berbeda saat pengerjaan web, hasilnya sesuai sekali dengan apa yang saya harapkan, website selesai dalam beberapa hari, pengerjaannya sangat rapi dan professional serta team sangat bersahabat, sukses selalu buat marketinginternet.co.id (Linda - Mitre)

Contact

PT. ERRA GLOBAL NIAGA
Jl. Pangeran Jayakarta Kav. 119 - 121 No. 9 - 10
Jakarta 10730 - Indonesia
Telephon : (021) 83270800, 08111909567
PIN BB : 2209810D
Email : info@marketinginternet.co.id
Website : www.marketinginternet.co.id